Gandeng NU, Basnaz Lakukan Penyerahan dan Peresmian Bedah Rumah

Penyerahan Secara Simbolis Peresmian Bedah Rumah Baznas 2020.(Foto: Nukita)

NUKITA.ID, MALANG – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Malang melakukan penyerahan dan peresmian bedah rumah Baznas 2020 di Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang, Selasa (3/11).

Terlibat dalam kegiatan ini MWC NU Turen, UPZISNU MWCNU Turen, Pemerintah Desa Pagedangan, JPZISNU Wonokasian, warga Rt 15 Rw 04 Wonokasian, dan TB Sinar Makmur.

Menurut M. Faiz selaku ketua Ansor Wonokasian, tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memberikan bantuan rumah layak huni kepada warga yang tidak mampu.

"Kali ini yang mendapatkan program ini yaitu rumah Bapak Rakup Zainal/Mad Rakup. Beliau merupakan pemulung yang memiliki 4 orang anak dan satu istri. Beliau tinggal di JL. Kauman 15 / 04 Wonokasian Pagedangan Turen," paparnya.

Untuk anggarannya sendiri, kata Faiz, bedah rumah seluas 7,5 M X 8 M ini menelan anggaran jutaan rupiah. "Menelan biaya sekitar 24.000.000. Dengan rincian, BAZNAS 12.500.000, UPZIS 1.000.000, TB Sinar Makmur 500.000, JPZIS Wonokasian 1.500.000, Lingkungan RT 1.000.000, dan sisanya dari warga setempat serta pemerintah desa pegedangan. 

Lebih jauh Faiz menyebut bahwa program ini merupakan program pertama yang sudah terlaksana di JPZIS Wonokasian dan akan terus berlanjut hingga tidak ada lagi rumah tidak layak huni didaerah tersebut. 

"Harapannya pemilik rumah agar bisa memanfaatkan dan merawat rumah ini dengan baik, sehingga akan rumah itu akan terus layak digunakan," tutupnya.

Ia juga berharap bahwa JPZISNU dan warga wonokasian bisa semakin tanggap terhadap permasalahan-permasalahan sosial masyarakat. Selain itu, hubungan kerja sama dengan Baznas diharapkan bisa terus berlanjut.(*)

Comments